Software Penambah Saldo HEBAT! Klik Disini

Jumat

untuk neraka

Apakah NERAKA dan Mengapa Ada ?

Terdapat berbagai kepercayaan tentang neraka. Sebagian percaya bahwa Allah sangat murah untuk menjatuhkan hukuman kepada setiap orang. Yang lain percaya bahwa orang jahat akan dilemparkan kedalam api neraka untuk dibakar sampai selama-lamanya. Dan ada sebagian yang percaya bahwa orang jahat akan dibinasakan sampai tuntas dan dihapuskan kehadirannya kedalam neraka.

1. Apakah yang dimaksudkan dengan neraka dalam Alkitab? 
Ada empat istilah dari bahasa Alkitab yang asli yang semuanya diterjemahkan ke dalam satu kata  yaitu "NERAKA"

(a) SHEOL (bahasa Ibrani)
mempunyai arti yang umum yaitu kematian, keadaan kematian, kuburan, wilayah kematian dan kuburan, tempat di mana semua manusia akan pergi sesudah mati. Dalam Alkitab bahasa Yunani versi "Septuagint" (Terjemahan pertama dari bahasa Ibrani ke dalam bahasa Yunani), SHEOL dalam bahasa Ibrani biasanya diterjemahkan menjadi HADES dalam bahasa Yunani. Istilah SHEOL tidak menggambarkan dan tidak mengandung ide api, atau siksaan orang hidup secara sadar melainkan hanyalah kematian, tempat tinggal orang mati yang baik maupun yang jahat. Kata ini muncul enam puluh lima kali dalam Perjanjian Lama. Contoh: Kej 37:35.
( Tiga puluh satu kali disebutkan dalam perjanjian lama dan dalam pengajarannya berasal dari bahasa Ibrani  Sheol yang artinya kubur. Dalam Perjanjian Baru ada 24 kali neraka disebutkan dalam bahasa Grika sebanyak 11 kali yaitu Hades yang berarti kubur. Hades dalam bahasa Grika sama dengan Sheol. Bandingkan Mazmur 16:10; Kisah 2:27, keduanya berarti kubur).

(b) TARTAROS (bahasa Yunani) -- artinya kegelapan, tempat pembuangan bagi malaikat jahat dan ternyata tempatnya ada di angkasa seputar bumi ini, tempat malaikat pemberontak itu dibuang setelah diusir dari surga. Tidak menyangkut nasib manusia yang tidak mengenal Allah. Baca  2 Pet 2:4 dan Yudas 6.

(C) HADES (bahasa Yunani) artinya secara harfiah ialah yang berada dalarr kegelapan, tersembunyi, tidak bisa dilihat, gelap, dan hanya berlaku untuk dunia yang tidak kelihatan atau tempat tinggalnya orang mati. Inilah dalam bahasa Yunani sama dengan SHEOL bahasa Ibrani, dan artinya kuburan atau kerajaan orang mati dan kuburan. HADES tidak mengandung ide api atau penyiksaan secara sadar bagi orang yang hidup tetapi hanya mengandung arti dunia yang tidak bisa dilihat, tempat semua orang baik maupun jahat pergi kalau ia mati. Istilah ini muncul sebelas kali dalam Perjanjian Baru. Contoh: Kis 2:27.

d. GEHENNA (bahasa Yunani) berlaku secara harfiah pada lembah Gehenna dekat Yerusalem di mana, pada zaman Tuhan Yesus, semua jenis sampah dibuang termasuk bangkai binatang dan jasad penjahat yang tidak dikuburkan. Di sini api selalu menyala untuk menghanguskan segala jenis sampah seperti itu. Gehenna adalah pola ejaan bahasa Yunani untuk istilah yang berasal dari bahasa Ibrani yang berarti "lembah Hinnom". Namun demikian, api GEHENNA bukan dibuat untuk menyiksa orang yang hidup tetapi untuk membinasakan bangkai dan jasad orang penjahat. Yesus menggunakan lembah Gehenna sebagai lambang kernatian "kedua" atau kematian terakhir -- kebinasaan keseluruhan orang jahat dengan api pada akhir masa 1000 tahun Istilah ini digunakan dua belas kali dalam Perjanjian Baru. Contoh: Mat 5 : 22, 29, 30;  Markus 9 :43- 48 dan Wahyu 20 :9-10, 14- 15 ;  21: 8. Lihat isi ayat-ayat

2. Akankah orang berdosa dihukum? 
"Sungguh orang jahat tidak akan lepas dari hukuman." Amsal 11:21 bagaian pertama "Kepada dunia akan Kubalas kejahatannya dan kepada orang-orang pasik kesalahan mereka; kesombongan orang-orang pemberani akan Kuhentikan dan kecongkakan orang-orang gagah akan Kupatahkan." Yesaya 13:11.
"Kalau orang benar menerima balasan dibumi, lebih-lebih orang fasik dan orang-orang berdosa." Amsal 11:31.

3. Bagaimanakah mereka yang tidak menurut Injil itu akan di hukum?
 "Dan mengadakan balasan kepada mereka yang tidak mau mengenal Allah dan tidak mau mentaati injil Yesus, Tuhan kita. Mereka ini akan menjalani hukuman kebinasaan selama-lamanya di jauhkan dari hadirat Tuhan dan dari kemuliaan kekuatanNya." II Tesalonika 1:8, 9.
Catatan: Setiap orang mengetahui bahwa kehancuran dari setiap orang yang hidup menghasilkan kematian "Kehancuran abadi" sama seperti dengan perkataan kebinasaan total dalam seluruh konsekwensinya.
Itulah tindakan yang paling lengkap. Yudas ayat 7.


4. Mengapakah api neraka itu perlu ?
I Yoh 1:5: "Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan."
Habakuk 1:13: "Mata-Mu terlalu suci untuk melihat kejahatan."
Ibrani 12:29 "Sebab Allah kita adalah api yang menghanguskan." 
Catatan : Karena Allah adalah Allah yang bersih dan suci dan la menghendaki semesta alam yang bersih pula. Tabiat-Nya yang suci berlawanan dengan kejahatan, karena itu la tidak bisa membiarkan kejahatan dalam segala bentuknya. 
Jika la menggunakan api itu untuk memusnahkan kejahatan pada akhir zaman bukan karena la suka membalas atau  kejam  melainkan untuk tujuan pembedahan atau pembersihan. Why 21:27: Tidak akan masuk ke dalam kota Yerusalem itu sesuatu yang najis.
I Yoh 3:8 Tujuan Allah ialah untuk membinasakan semua pekerjaan Iblis. Why 5 :13: Allah akhirnya akan memiliki alam semesta yang bersih tempat semua yang bernapas akan memuji dan memuliakan Dia.


5. Jika manusia akhirnya hilang, apakah mereka bisa mempersalahkan Allah?
Yesaya 5 :4: "Apakah lagi yang harus diperbuat untuk kebun anggur-Ku itu, yang belum Kuperbuat kepadanya?"
Mat 23 :37  : "Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu ... tetapi kamu tidak mau."
Yohanes 5 :40 : "Kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu."


6. Bilakah umat manusia diadili ? 
"Karena Ia telah menetapkan suatu hari pada waktu mana Ia dengan adil akan menghakimi dunia oleh seseorang yang telah ditentukannya, sesudah ia memberikan kepada semua orang bukti tentang hal itu dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati." Kisah 17:31.
Catatan: Dunia tidak akan dihukum sebelum Kristus dibangkitkan dari kematian dan pengadilanpun belum dilaksanakan sekarang. Hari terakhir dimana pengadilan itu dilaksanakan akan segera tiba; hal itu akan terjadi pada penutupan masa 1000 tahun sesudah kedatangan Yesus yang kedua kali. Baca Wahyu 29 : 11-15, II Petrus 3:7.


7. Apakah neraka sudah ada sekarang ?
Kesaksian Petrus dalam bagian ini sangat terarah: "Tetapi oleh firman itu juga langit dan bumi yang sekarang terpelihara dari api dan disimpan untuk hari penghakiman dan kebinasaan orang-orang fasik." II Petrus 3:7.
Catatan : Kematian ini adalah kematian yang kedua. Itulah kematianyang ditulis oleh Yohanes ketika ia mengatakan: "Tetapi dari langit turunlah api menghanguskan mereka." Wahyu 20:9. Hal ini akan terjadi pada akhir masa 1000 tahun.


8. Apakah orang berdosa telah dihukum didalam neraka sekarang?
Tidak. Akan datang waktunya dimana peristiwa itu akan terjadi. Maka nyata, bahwa Tuhan tahu menyelamatkan orang-orang saleh dari pencobaan dan menyimpan orang jahat untuk disiksa pada hari penghakiman. II Petrus 2:9. Mat 13:40-42: Orang-orang jahat akan dicampakkan ke dalam dapur api "pada tamatnya dunia ini".


9. Dimanakah penghukuman itu berlangsung ?
"Maka pada hari itu Tuhan akan menghukum tentara langit dilangit dan raja-raja bumi diatas bumi." Yesaya 24:21.Am 11:31: Orang yang berdosa akan menerima balasan di atas bumi.
Catatan: Hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan Petrus dalam II Petrus 3:10-12 dimana ia berbicara tentang dunia yang dibakar. Ia kemudian menyebutkan suatu langit yang baru dan bumi yang baru dalam ayat 13. Disinilah pernyataan yang benar tentang penghukuman orang-orang jahat akan dilaksanakan diatas bumi ini. 
 

10. Bagaimana Bisa Kita Pertemukan  Gambaran Alkitab Mengenai  Neraka Dengan Kasih Dan Kadilan  Allah?
Pendamaian ini tidak sulit dimengerti bila kita mengingat 3 fakta ini:

(a) Allah tidak menentukan seseorang masuk neraka secara sewenang-wenang.   Ia tidak menutup pintu surga kepada siapapun. Ia ingin semua manusia selamat, dan telah membuka jalan untuk itu. Tetapi banyak orang yang menutup pintu surga bagi diri mereka sendiri. Dengan cara memilih kejahatan terus-menerus, mereka menolak sendiri untuk masuk ke surga dan memilih sendiri untuk masuk neraka. Mereka tertutup untuk Kerajaan surga karena ketidak-layakan mereka untuk masyarakat surga. Jadi setiap orang memilih  sendiri untuk surga atau neraka. 
Yeh 18:30-32, 33:11 "Sebab Aku tidak berkenan kepada kematian seseorang yang harus ditanggungnya"
II Pet 3:9: "la menghendaki supaya jangan ada yang binasa."
Yoh 3:16: Kasih-Nya membuka jalan untuk keselamatan semua orang -- jikalau mereka memilih demikian."
Yes 28:21 : Hukuman adalah "perbuatan yang ganjil" bagi Allah -- sesuatu dalam alami-Nya mengajak kembali.

(b) Dengan pencabutan karunia hidup dari orang jahat, Allah memperlihatkan kasih-Nya kepada mereka itu. Orang jahat itu tidak akan merasa bahagia dalam alam semesta yang bersih dan bebas dosa, sama seperti kuman-kuman tidak akan merasa senang dengan sinar matahari atau di dalam suatu cairan pembunuh kuman.  Ia akan mengundurkan diri dari persahabatan dengan makhluk suci.  Pemikirannya, ke inginannya, motivasinya, akan menjadi hal yang asing bagi makhluk penghuni yang tanpa dosa itu. Surga akan menjadi siksaan bagi pendosa walaupun ia diizinkan masuk ke sana. Ia akan menghendaki supaya tersembunyi dari Dia yang menjadi terang dan pusat perhatian dari penghuni kota itu. (Steps to Christ, hlm. 17, 18). 
Amsal 8:36: "Semua orang yang membenci aku, mencintai maut." Wahyu 22:11: "Barang siapa yang cemar, biarlah ia terus cemar."

(c) Penarikan Allah atas karunia hidup dari orang jahat adalah berdasarkan kasih-Nya pada alam semesta secara keseluruhan. Allah harus mengamankan kebahagiaan dan kesejahteraan alam semesta ini seperti seorang dokter ahli bedah yang memotong anggota badan yang sakit atau memotong anggota badan yang sudah keracunan untuk menjaga supaya anggota tubuh lainnya tidak terkena infeksi, dan membebaskan anggota tubuh lainnya itu dari bahaya penyakit atau kematian.
Allah tidaklah adil atau mengasihi jika la membiarkan penyakit kanker kejahatan terus bertumbuh dan menyebarkan pencemaran untuk selamanya, sama seperti seorang dokter yang membiarkan kaki atau jari yang terkena penyakit gangrin. Jika seorang pendosa yang tidak bisa berubah diizinkan masuk ke surga, ini akan mengekspos seluruh alam semesta pada ancaman akan timbulnya kejahatan untuk kedua kalinya.
 

KESIMPULAN
Satu hal yang pasti, apabila Saudara memilih Kristus sebagai Juru selamat pribadi, Saudara  tidak perlu  menjadi kawatir tentang neraka. "Basuhlah dan bersihkan dirimu, jauhkanlah perbuatan-perbuatanmu yang jahat dari depan mataKu. Berhentilah berbuat jahat, belajarlah berbuat baik, usahakanlah keadilan, kendalikanlah orang kejam, belalah hak anak-anak yatim, perjaungkanlah perkara janda-janda! Marilah, baiklah kita berperkara! Firman Tuhan - Sekalipun dosamu merah seperti kain kesumba akan menjadi putih seperti bulu domba. Jika kamu menurut dan mau mendengar, maka kamu akan memakan hasil baik dari negeri itu. Tetapi jikalau kamu melawan dan memberontak, maka kamu akan dimakan oleh peang." Sesungguhnya Tuhan yang mengucapkannya. Yesaya 1:16-20.
Allah harus membinasakan orang-orang yang durhaka yang tidak menyesali dosanya karena tabiatNya yang suci. Baca Keluaran 34:6,7. Allah akan menegakkan keadilan bagi kebaikan alam semesta dan keadilanNya akan ditegakkan dengan sebaik-baiknya. Allah membenci dosa dan Ia melakukan apa saja untuk membuktikan bahwa Ia mencintai orang-orang berdosa. Tetapi Ia tidak memaksa siapa saja untuk menurut kepada kehendakNya. Pilihan dari orang-orang jahat itu menentukan tujuan akhir mereka.


kunjungi info lebih lanjut..
http://availpay.com/ref.php?page=act/ref&invcod=44272

blog keren loe...
kunjungi di link bawah ini..
http://multiplyfund.com/ref.php?page=act/ref&invcod=1471

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar